Blog Detail

Kominfo bersama PWI Gelar Pelatihan Jurnalistik Di Balai Kota Malang

13 Feb 15
Admin

No Comments

Taufik Ramadhan A.Md – Radio Al Umm

Jurnalistik adalah seni dan ketrampilan mencari, mengumpulkan, mengolah, menyusun dan menyajikan berita tentang peristiwa yang terjadi sehari-hari dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Jurnalistik adalah hal hal yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran/media masa baik melalui surat kabar,majalah,televisi,radio dan lain lain. Inilah tema pelatihan yang di gelar oleh KOMINFO kota Malang kali ini.

Pelatihan ini digelar dalam dua hari dan dihadiri oleh para insan pers kota Malang mulai radio swasta/komunitas, televisi swasta lokal, wartawan surat kabar,kelompok informasi masyarakat – KIM dan juga pengelola web kelurahan dan kecamatan kota Malang.

Di hari pertama  pelatihan (10/2/2015),  diberikan materi tentang Kode Etik Jurnalistik yang di paparkan oleh Bapak Husnun N Djuraid. Beliau adalah wartawan senior yang  juga menjabat sebagai komisaris Malang Pos dan beliau  adalah mantan Kepala Biro Jawa Post Malang. Materi ke dua yaitu Bahasa Juurnalisme yang di paparkan oleh Bapak Noordin Djihad – Wartawan Koran Pendidikan.

Ada dua hal dari pembahasan kedua materi tersebut yang bisa kita ambil pelajaran untuk kita yaitu, yang pertama, kedudukan kode etik jurnalistik lebih tinggi daripada hukum formal. Kedua, prinsip bahasa jurnalistik adalah bahasa atau penyampaian berita yang mudah dibaca, mudah ditonton, mudah didengar. Dengan kata lain bahasa yang mudah dipahami oleh sebanyak mungkin orang. Inilah yang sering kita lupakan ,bahwa tujuan  penulisan atau penyampaian berita dan informasi adalah agar mudah dipahami oleh pembaca , pendengar dan pemirsa.

Leave A Comment

*